Kumpulan Cerita Mistis di Sekitar Jalan 'Lokasi' Sungai Betung, Siak

Kumpulan Cerita Mistis di Sekitar Jalan 'Lokasi' Sungai Betung, Siak - 'Lokasi' adalah sebuah nama tempat yang tempat terletak di Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Siak, Riau, Indonesia. Lokasi merupakan kawasan yang terletak dekat dengan tebing sungai Siak. 'Lokasi' ini menjadi tempat yang sering dilului oleh warga Desa Rawang Air Putih jika hendak menuju ke kota Siak. Jadi yang paling sering mengalami penampakan 'aneh' didaerah lokasi ini adalah warga Desa Rawang Air Putih. Cerita seram tentang tempat ini sudak ada sejak zaman dulu, dan dulu lebih seram lagi.

Namanya tempat tersebut memang Lokasi. Saya sendiri juga bingung mengapa namanya Lokasi. Meskipun saya sering berlalu lalang ditempat tersebut, tapi saya tidak mengetahui asal usul nama Lokasi. Dalam bahasa Indonesia berdasarkan KBBI lokasi bisa berarti letak dan tempat.

Kumpulan Cerita Mistis di Sekitar Jalan 'Lokasi' Sungai Betung, Siak


Jika pada siang hari tidak ada yang aneh karena Lokasi tersebut. Hanya jalan yang agak lebar. Jalan yang sepi. Pepohonan yang banyak. Sesekali ada kawanan sapi warga yang merumput di tempat tersebut. Tempat ini memang sepi karena rumahnya jarang. Jika dihitung hanya ada 4 rumah saja. Itupun dari jarak rumah ketempat yang paling seram lebih dari 100 meter.

Dulu ketika tempat ini belum banyak ditumbuhi oleh semak-semak belukar, banyak pasangan muda-mudi yang berbuat mesum disini terutama pada siang hari. Beberapa diantaranya ada yang digrebek warga. Selain itu masih ada juga yang belum sempat digrebek oleh warga. Untuk muda-mudi yang nekat terkadang pada malam hari mereka juga datang ke Lokasi.

Bagi saya yang penakut keadaan pada malam hari akan terasa sangat berbeda. Meskipun daerah Riau terkenal panas tetapi entah kenapa jika melewati tempat tersebut akan terasa hawa yang berbeda dari biasanya. Menurut banyak penuturan warga yang lain, ternyata mereka juga merasakan hal yang sama.

Ada beberapa kejadian yang terjadi ditempat ini, kabarnya ada seorang pemuda yang melewati Lokasi pada malam hari. Pemuda tersebut baru pulang dari rumah calon mertuanya yang ada di Rawang Air Putih. Ketika itu jam menunjukkan pukul 11 malam. Namun ketika akan melewati tempat tersebut, dari kejauhan nampaklah seperti mata merah yang menyala dan besar.

Melihat mata merah besar dan tidak biasa maka sang pemuda membatalkan niatnya untuk pulang. Berbalik arah dan kembali lagi kerumah calon mertuanya dan menginap disana. Kejadian terjadi ketika jalan disekitar Lokasi sedang dalam proses perbaikan. Kalau sekarang jalannya sudah bagus. Jarak antara tempat ini dengan Siak Kota sekitar 5 kilometer.

Ada pula pemuda yang pulang larut malam di tempat tersebut. Yang namanya pemuda pasti suka jalan-jalan dan pulangnya ketika malam sudah larut. Jauh diujung jalan jika dari Siak maka akan ada jembatan besi. Dulunya jembatan ini masih dari kayu. Ketika si pemuda lewat, tiba-tiba ada sesosok wanita dipinggir jalan meminta tumpangan. Meskipun tujuan si wanita tidak tau si pemuda langsung saja memberikan tumpangan. Lagipula si pemuda naik motornya sendiri.

Singkat cerita si pemuda pun menjalankan motornya. Tapi sungguh aneh selang beberapa waktu kemudian si wanita yang tadi duduk dibelakang malah menghilang entah kemana. Besok-besoknya si pemuda merasakan nyeri dibagian punggung. Konon katanya ini karena terkena sentuhan dari cewek yang menaiki motornya beberapa waktu yang lalu.

Ada pula kisah lain, suami istri yang melewati Lokasi pada malam hari. Di jembatan tempat pemuda menerima tumpangan wanita misterius tersebut. Istri dari bapak yang membawa motor melihat sesosok wanita yang mengenakan pakaikan putih duduk dipinggir jembatan besi. Si bapak yang membawa motor kabar tidak melihat sosok wanita tersebut, yang melihat hanya si ibu-ibu itu saja.

Kisah selanjutnya dialami oleh adik saya sendiri. Adik saya ini perempuan yang sudah tamat SMA dan langsung bekerja menjadi pengawai toko baju. Jadi disana adik saya menjadi pelayan toko untuk melayani jika ada yang ingin membeli baju atau pakaian. Adik saya sering pulang malam melewati Lokasi yang katanya angker.

Hingga suatu ketika adik saya pulang malam sekitar jam 11 malam. Suasananya ketika itu hujan ringan. Dalam mitos suku melayu, ketika sedang hujan atau setelah hujan reda kita tidak boleh kemana-mana harus dirumah saja. Khawatir nantinya terjadi sesuatu yang tidak dingingkan. Setelah atau sedang hujan ketika senja ataupun malam, maka itu waktu yang tidak baik untuk keluar dari rumah. Katanya banyak jin jahat atau setan yang berkeliaran yang berpotensi mengganggu manusia.

Karena adik saya ini ingin segera pulang kerumah maka ia memaksakan diri untuk pulang meskipun malam itu turun hujan. Adik saya memang sampai kerumah, tapi dia jatuh sakit. Sakitnya aneh, seperti orang yang setengah kerasukan setan.

Mukanya pucat pasi, tubuhnya lemah, terkulai, berdiripun tak sanggup berdiri. Jika diajak berbicara seperti bukan dia yang berbicara. Lain ditanya lain yang dijawab. Akhirnya karena sudah parah akhirnya diperiksa kerumah sakit umum Siak. Menurut dokter sakit adik saya parah, akhirnya hari itu juga langsung dirawat inap.

Adik saya dirawat hampir seminggu dirumah sakit. Karena tidak ada perubahan yang positif akhirnya dibawa pulang kerumah dan diobati dengan bantuan bomo atau tabib dengan pengobatan kampung. Ada banyak tabib yang mencoba membantu, namun tidak berefek besar. Tak lama setelah itu ada satu tabib lagi. Setelah meminta bantu pada tabib yang terakhir barulah kesehatan adik saya mulai membaik.

Ketika adik saya mulai sadar, barulah dia menceritakan bahwa ketika di pulang malam itu dia merasa ada yang mengikutinya. Dia merasa ada sosok yang tak nampak mulai mengikutinya dari Lokasi sampai kerumah. Kata orang pintar si sosok tersebutlah yang berusaha untuk mengganggu dan ingin merasuki tubuhnya. Namun si sosok tak nampak tersebut belum mampu menguasai seluruh tubuh, hanya bagian persendian dan sebagian tubuh saja.


Karena saya baru pulang dari Bandung maka saya menanyakan kepada si adik. Selama ini rajin solat ga? Rajin ngaji ga? Ternyata jawabannya ngaji dan solat siih, tapi jarang. Kesimpulan sementara yang bisa diambil adalah orang yang mendapat gangguan dari setan atau jin adalah mereka yang jauh dari amalan agama (khususnya islam). Kalau tidak ingin diganggu maka rajin-rajinlah ibadah.

Dari semua kisah yang disampaikan, bisa ditarik kesimpulan bahwa tempat tersebut memang seram atau angker. Kisah ini tidak diketahui oleh banyak orang di Siak. Tapi khusus orang Rawang Air Putih pasti tau kisah atau kejadian tempat tersebut.

Dulunya tempat ini jadi tempat kuburan jaman penjajahan dulu, mungkin ini jadi salah satu faktor mengapa daerah ini begitu menyeramkan. Salah satu ikon dari tempat ini adalah Hantu Kunyit karena sosok tersebut dominan berwarna kuning. Sosok lain yang juga populer adalah sosok wanita yang sering muncul dijembatan Lokasi.


Jika kamu ingin merasakan hawa dingin aneh jalan sekitar 'Lokasi' silahkan melewati jalan ini diatas jam 9 malam. Banyak warga di Desa Rawang Air Putih banyak yang tidak berani melewati jalan ini karena seram. Mereka lebih memilih untuk melewati jalan lain yang jaraknya lebih jauh.


*)