7 Mitos yang harus kamu ketahui tentang Sungai Siak di Riau

7 Mitos yang harus kamu ketahui tentang Sungai Siak di Riau - Sungai Siak merupakan salah satu sungai terbesar di Indonesia yang terletak di provinsi riau. Sungai Siak jadi salah satu sungai terdalam di Indonesia, sehingga banyak kapal tanker yang keluar masuk di Sungai Siak.

Sebagai sungai yang besar dan dalam di Indonesia, tentunya Sungai Siak tidak terlepas dari mitos, legenda atau kejadian aneh. Ada banyak kejadian aneh yang terjadi, cuma kurang dipublikasikan oleh masyarakat setempat.

7 Mitos yang harus kamu ketahui tentang Sungai Siak di Riau

7 Mitos yang harus kamu ketahui tentang Sungai Siak di Riau


1. Sungai Siak di Huni oleh Ular Naga


Entah ini benar atau tidak, konon katanya sungai siak itu dihuni oleh seekor ular naga besar. Di duga kepalanya ada dimuara sungai siak.

Keberadaan ular naga yang menghuni sungai siak masih dipercaya oleh masyarakat setempat. Ini didukung oleh beberapa sebab diantaranya lambang kerajaan siak yang terdapat ular naganya. Selain itu jika dilihat dari atas pesawat, sungai siak itu berkelok-kelok, mirip dengan badan ular.

Ada pula penyelam kayu balok yang menemukan sesuatu didasar sungai siak mirip dengan kayu balok, namun ukurannya lebih besar lagi. Diduga ini adalah ular naga yang besar yang menjadi penunggu sungai siak.


2. Ilmu hitam akan rontok


Ada kepercayaan dimasyarakat siak bahwa barang siapa yang memiliki ilmu tertentu dan dibawa untuk menyebrangi sungai siak. Maka ilmu yang dimilikinya akan rontok dan tidak akan berfungsi lagi.


3. Dibawah Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah ada Ikan Tapah Kuning


Jembatan siak yang satu ini memang terkenal, karena jembatan ini merupakan salah satu jembatan termegah di Indonesia.

Berdasarkan cerita orang-orang dulu sebelum jembatan siak itu berdiri, tak jauh disitu ada sungai kecil yang konon katanya dihuni oleh Ikan Tapah Kuning. Konon kabarnya ikan ini ukurannya besar sekali. Panjangnya mencapai 5 meter.


4. Penunggu Ikan Tapah Gudung di Polong, desa Merempan Hilir


Ikan Tapah Gudung merupakan penunggu di sungai siak yang lokasinya berdekatan dengan sungai polong di merempan hilir. Konon kabarnya ikan ini besar sekali lebih besar dari sampan yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat.


5. Orang yang Lahir Diluar Siak Bisa Dimakan oleh Buaya Sungai Siak


Konon kabarnya untuk mereka yang tidak lahir di siak maka mereka bisa ditangkap oleh buaya sungai siak. Oleh karena itu untuk kamu yang jadi pendatang, maka harus berhati-hati jangan berenang sembarangan di sungai siak.


6. Buaya Putih banyak Menghuni Siak


Buaya putih merupakan jenis buaya yang katanya banyak menghuni sungai siak. Beberapa orang nelayan dan mereka yang bekerja di sungai siak banyak pernah melihatnya.


7. Tidak Boleh Berbicara Sembarangan di Sungai Siak


Kata orang-orang tua dulu, di sungai siak kita tidak boleh berbicara sembarangan, berbicara kotor atau berbicara sompral. Kalau kamu melakukan itu maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan.


Kesimpulannya

Itulah beberapa hal yang saat ini menjadi mitos. Namun meskipun mitos, banyak yang mempercayai dan menyakini mitos. Salah satunya karena ada yang telah melihat atau merasakan langsung.
.